Proyek Ketrampilan Berbahasa Inggris : Short Daily Conversation

Kurikulum 2013 memiliki kriteria penilaian siswa yang lebih kompleks. Jika pada kurikulum sebelumnya hanya ada satu nilai untuk setiap mata pelajaran, kurikulum 2013 memiliki dua nilai yaitu nilai pengetahuan dan nilai ketrampilan. Nilai pengetahuan diperoleh dari rata – rata nilai tugas dan nilai ulangan. Sedangkan nilai ketrampilan merupakan rata – rata dari nilai proses, produk dan proyek.

Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, salah satu tugas yang diberikan untuk memenuhi nilai proyek siswa yaitu dengan membuat video sederhana tentang Short Daily Conversation.

Sebelum membuat video Short Daily Conversation, terlebih dahulu Siswa berdiskusi untuk menentukan tema apa yang akan mereka angkat. Tema tersebut dapat berupa Bargaining (Tawar-menawar), Apologizing  (Meminta maaf), Asking for Direction(Menanyakan petunjuk arah) ataupun tema lain yang terkait dengan kehidupan sehari – hari.

Setelah menemukan tema, Siswa bekerja sama untuk membuat dialog. Dialog yang sudah dibuat kemudian dipraktekkan (Role Play) dan direkam dalam bentuk video.  Aspek penilaian untuk video Short Daily Conversation ini meliputi kesesuaian dialog dengan tema yang diambil, pronounciation (pengucapan) dan fluency (kelancaran).

Proyek membuat video Short Daily Conversation ternyata mendapat respon yang positif dari para siswa. Mereka tampak antusias dalam mengerjakan proyek tersebut.  Bahkan ada yang berinisiatif menggunakan aplikasi pembuatan video, agar video yang mereka buat bisa lebih bagus selayaknya film.

Selain untuk membangkitkan rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, Proyek membuat video Short Daily Conversation ini juga bertujuan untuk membangun kreativitas dan kerja sama siswa.

Berikut adalah beberapa contoh hasil Short Daily Conversation buatan siswa.

Video oleh: Dea dan Septi

Video oleh: Judin dan Fariz

Ditulis oleh: Dyan Arfiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *