PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MATA PELAJARAN SENI BUDAYA Present by Diah Rizky Kartika Putri S.Pd

JUDUL PTK : “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG MATERI RAGAM ALAT MUSIK BERDASARKAN SUMBER BUNYI MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MUSIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROJECT BASED COOPERATIVE LEARNING (PJBCL) DAN GAMES BASED LEARNING DI SMK BINA NUSA SLAWI”
PENULIS : DIAH RIZKY KARTIKA PUTRI S.Pd
Masalah yang dibahas dalam penelitian Tindakan kelas ini adalah bagaiamana upaya guru meningkatkan pemahaman peserta didik kelas X SMK Bina Nusa Slawi terkait materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi dengan menggunakan kartu musik. Latar belakang guru yang terbiasa menggunakan metode konvensional ketika proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, karena guru menyesuaikan kondisi karakteristik peserta didik. Kemudian kondisi fasilitas sarana prasarana di lingkungan sekolah yang kurang memadahi sehingga ketika guru kesulitan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan sulit mengikuti teknologi yang ada. Kondisi sekolah ini diperkuat dengan kurangnya pemahaman istilah musik yang rumit pada peserta didik dalam materi yang disampaikan oleh guru, sehingga membuat materi yang seharusnya dapat diikuti dengan lancar dan cepat menjadi agak terlambat karena guru harus menjelaskan detail istilah musik yang rumit pada peserta didik.serta , peserta didik cenderung kurang melakukan interaksi aktif dengan guru ataupun peserta didik lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkkan hasil belajar peserta didik kelas X dan meningkatkan keingitahuan peserta didik dalam memahami materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi dengan menggunakan media belajar dan model pembelajaran inovatif baru yaitu project based cooperative learning (PJBCL) dan games based learning.
Penelitian tindakan kelas ini dibuat karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor yang pertama adalah guru terbiasa menggunakan metode konvensional ketika proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, karena guru menyesuaikan kondisi karakteristik peserta didik. Faktor yang kedua yaitu kondisi fasilitas sarana prasarana di lingkungan sekolah yang kurang memadahi sehingga ketika guru akan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan mengikuti teknologi yang ada jadi terhambat. Faktor ketiga yaitu kurangnya pemahaman istilah musik yang rumit pada peserta didik dalam materi yang disampaikan oleh guru, sehingga membuat materi yang seharusnya dapat diikuti dengan lancar dan cepat menjadi agak terlambat karena guru harus menjelaskan detail istilah musik yang rumit pada peserta didik. Kemudian faktor terakhir yaitu peserta didik cenderung kurang melakukan interaksi aktif dengan guru ataupun peserta didik lainnya.

Dari permasalahan latar belakang tersebutlah perlu adanya suatu perbaikan-perbaikan dalam proses mempelajaran untuk meningkatan pemanfaatan model pembelajaran inovatif sesui dengan karakteristik materi dan peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini penting untuk dibagikan karena menurut saya penting untuk dibagikan karena saya rasa banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, terutama peserta didik yang kurang dalam pemahaman materi yang diberikan guru, sehingga praktik ini diharapkan dapat menjadi refrensi bagi rekan guru serta memermudah peserta didik dalam proses pembelajaran. Peran saya dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai guru yang berperan aktif saya mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapkan dengan perbaikan-perbaikan terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan untuk dapat berjalan lebih efektif serta melakukan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran seperti pemanfaatan dan penggunaan media, bahan ajar, serta model pembelajaran yang tepat yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan harapan yang ingin dicapai dan mendapatkan hasil yang maksimal

TUJUAN PENELITIAN
Untuk meningkatkan upaya pemahaman peserta didik terhadap materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi, penelitian tindakan kelas ini memiliki beberapa tujuan penelitian. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
1. Guru dapat menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai karakteristik materi dan peserta didik .
2. Guru dapat menerapkan teknologi dalam pembelajaran seni budaya dengan pendekatan TPACK dengan menggunakan aplikasi Quizizz
3. Peserta didik dapat menggunakan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran seni budaya pada materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi
4. Peserta didik dapat mengkategorikan dan mengidentifikasi materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi dengan tepat.
5. Peserta didik dapat berfikir kritis dan kreatif dalam memahami materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi

METODE PENELITIAN
1. Pelaksanaan Penelitian
Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Lama penelitian dilaksanakan selama lima bulan dari bulan Agustus 2022 hingga bulan Desember 2022. Bulan pertama dan kedua untuk penyusunan proposal dan instrumen, bulan ketiga pengumpulan data, bulan keempat pengolahan data, bulan kelima pembahasan dan penyusunan laporan

2. Tempat Pelaksanaan Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas X LPB SMK Bina Nusa Slawi yang beralamat di Jl. Ir. Juanda Pakembaran Slawi, Kabupaten Tegal

3. Subjek Penelitian
Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah penerpan model pembelajaran inovatif sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik dan pemahaman peserta didik tentang materi seni budaya.

4. Sumber Data
Sumber data penelitian ini dari peneliti serta siswa kelas X LPB SMK Bina Nusa Slawi yang mendapatkan proses pembelajaran materi “Ragam Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyi “. Data yang diperoleh pada tindakan pertama sebagai bahan pertimbangan untuk tindakan berikutnya

5. Teknik dan Alat Pengumpul Data
a. Teknik Pengumpulan Data
Pada penelitian ini peneliti menggunakan 2 macam teknik pengumpulan data, yaitu tes dan non tes. Untuk tes akan diberikan secara tertulis pada akhir setiap siklus, sedangkan non tes akan dilakukan selama proses pembelajaran melalui pengamatan (observasi) dan refleksi diri peserta didik berupa angket (kuesioner).

b. Alat Pengumpulan Data

Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket (kuesioner), dan pedoman wawancara. Observasi mengacu pada lembar observasi yang berisi perilaku siswa saat pembelajaran berlangsung. Angket peserta didik berisi jawaban pendapat dan kesan-kesan yang dirasakan peserta didik selama pembelajaran materi ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi menggunakan metode pembelajaran inovatif PJBL dan Games Based Learning. Wawancara dilakukan pada peserta didik yang menonjol selama pembelajaran, peserta didik yang melakukan aktivitas lain, siswa yang tidak memperhatikan, dan peserta didik yang mengalami kesulitan.
c. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif analisis dengan penjelasan sebagai berikut :
1. Data kuantitatif berupa nilai ulangan harian siswa dianalisis untuk memperoleh gambaran peningkatan prestasi belajar siswa baik secara individual maupun berkelompok
2. Data kualitatif yang berasal dari observasi, angket, dan wawancara diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis, untuk kemudian dikaitkan dengan data kuantitatif sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan ditandai semakin meningkatnya kemampuan peserta didik dalam mengidenrtifikasi dan mengkategorikan ragam alat musik berdasarkan sumber bunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *