Kesenian Hadroh Jadi Ekstrakurikuler Favorit SMK Bina Nusa


Tak Hanya Berlomba, Tim Kerap Tampil di Acara

Musik hadroh merupakan salah satu pelajaran ekstrakurikuler (Ekskul) di SMK Bina Nusa Slawi (Binus) Kabupaten Tegal.

KESENIAN HADROH – Pelajar SMK Binus Kabupaten Tegal menampilkan kesenian hadroh.

TIM hadroh yang diberi nama Al Ikhsani ini mampu menarik minat para siswa di sekolah tersebut untuk bergabung di dalamnya. Bahkan, Tim Al Ikhsani kerap mengikuti perlombaan.

“Terakhir lomba kamu dapat juara 3. Waktu itu lomba Hadroh dalam rangka memperingati haul Gus Dur” kata Muhammad Rifki Maulana, siswa kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor 1, yang merupakan salah satu anggota Al Ikhsani, kemarin.

Menurut Rifki, tm hadroh yang dirintis sejak beberapa tahun silam itu, tidak hanya aktif mengikuti perlombaan. Tapi juga kerap tampil mengisi di berbagai acara. Di antaranya, acara hajatan, peresmian, atau acara lainnya yang membutuhkan hiburan music hadroh.

“Kami latihan rutin setiap hari Kamis setelah jam sekolah” kata Pembina Ekskul Hadroh Yuliana Halimah, menambahkan.

Dia menyebut, siswa yang tergabung dalam tim Hadroh Al Ikhsani memiliki kreativitas yang tinggi. Alih-alih menghadirkan pelatih untuk melatih mereka saat akan perlombaan, anak-anak tim ini justru memilih untuk mengkreasikan permainan mereka sendiri baik dari segi musik maupun gerakan.

“Mereka lebih cenderung berkreasi sendiri” ucapnya.

Ditanya soal kesulitan yang kerap ditemui saat berlatih hadroh, menurut Yuli, kesulitan utama adalah menjaga agar tetap focus. Yuli berujar, terkadang saat berlatih mereka tampil sangat bagus, tapi ketika di atas panggung, terganngu dengan banyaknya orang yang datang menonton. “Sehingga mempengaruhi penampilan mereka”, imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *