Jurusan Pertelevisian, Bisa Jadi Reporter Hingga Sutradara!

Zaman sekarang, setiap rumah pasti memiliki televisi yang digunakan sebagai media informasi. Namun, pernahkah kalian berfikir bagaimana sih suasana dibalik layar TV yang sering kita tonton sehari-hari? Atau, siapa saja, ya, yang ada di balik proses produksi suatu tayangan?

Sejak 2015

Industri pertelevisian termasuk dalam kategori industri kreatif. Seiring perkembangan waktu, industri kreatif kian melaju pesat. Terbukti, mulai banyak kawula mula yang melirik industri kreatif.

Potensi keterserapan tenaga kerja di bidang pertelevisian sudah terbaca oleh SMK Bina Nusa Slawi sejak tahun 2015. Itulah sebabnya, di tahun tersebut SMK Bina Nusa Slawi membuka satu jurusan baru yaitu Broadcasting, yang kini bernama Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT).

Di jurusan PSPT, siswa akan mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang pekerja film dan TV. Diantaranya, siswa akan diajarkan cara membuat sebuah program acara, membuat ide, proses development, membuat naskah, breakdown naskah, perancangan jadwal produksi, proses produksi, promosi , eksebisi, hingga distribusi.

Tak Hanya Reporter

Dengan ilmu yang dimiliki, lulusan PSPT tak hanya mampu berkarir sebagai reporter, tapi juga dapat bersaing untuk mengisi posisi-posisi lain di industri pertelevisian, seperti:

  1. Sutradara
  2. Juru Kamera
  3. Presenter/ Reporter Televisi
  4. Fotografi dan Artistik
  5. Pengisi Suara
  6. Editor On Air Televisi, dan menjadi
  7. Wartawan Media

Adanya kurikulum yang dirancang sesuai dengan standar industri membuat proses pembelajaran di jurusan PSPT jadi menyenangkan. Terlebih, SMK Bina Nusa Slawi memiliki sarana dan prasarana yang memadai, sehingga mendukung siswa untuk menjadi insan profesional dalam bidang Produksi dan Pertelevisian.

Terbukti, siswa jurusan PSPT mampu bersaing dan meraih kemenangan di berbagai gelaran perlombaan.

Siswa pertelevisian memenangkan lomba

Selain itu, untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah keterampilan serta keahlian siswa, terdapat pula kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Seperti jurusan yang lain, prakerin bagi siswa jurusan PSPT juga berlangsung selama 6 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk bergabung dengan jurusan PSPT?

Ikuti media sosial kami untuk info lebih lanjut.

Instagram: @smkbinusslawi

Facebook: SMK BINA NUSA SLAWI

Youtube: SMK Bina Nusa Slawi

Tiktok: @smkbinussawi

.

.

.

Editor: Dyan Arfiana Ayu Puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://sapa.uinsgd.ac.id/depo-5k/ https://pub-c628f0841f92428392858ab6f1361f38.r2.dev/index.html https://sapa.uinsgd.ac.id/slot-dana/ https://pub-c72027a3c04145adb310ee055c7f8d61.r2.dev/index.html