BINUS MENJADI TUAN RUMAH GELARAN PERTAMA LKS TSM TINGKAT KABUPATEN TEGAL

Ahmad Willy Saifudin peserta dari SMK Binus

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan ajang bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Lomba ini diadakan setiap tahun yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK di tingkat pusat. Di tingkat provinsi diselenggarakan oleh dinas pendidikan provinsi di masing-masing wilayah. Untuk Kabupaten Tegal tahun ini dikoordinir oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Lomba Kompetensi Siswa tingkat Kabupaten Tegal dilaksanakan pada tanggal 29–30 Agustus 2017.

Pembukaan Acara LKS Tingkat Kabupaten Tegal di SMKN 2 Slawi (29/8)

Adapun Lomba Kompetensi Siswa pada mata lomba Teknik Sepeda Motor (TSM) diadakan di SMK Bina Nusa Slawi (Binus). Gelaran LKS TSM tingkat Kabupaten Tegal pertama kali diadakan pada tahun ini, yang sebelumnya hanya merupakan lomba eksibisi di tingkat provinsi. Untuk LKS TSM tahun ini diikuti 12 SMK Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Tegal. Adapun standar penilaian yang digunakan menggunakan dual standard dari brand sepeda motor terkenal yang ada di Indonesia yaitu HONDA dan YAMAHA.

 

Kepala SMK Bina Nusa Slawi, Bapak Sunaryo, S.Pd., M.Kom., sedang membuka Lomba Kompetensi Siswa Teknik Sepeda Motor 2017 sekaligus memberikan pengarahan kepada para peserta dan pembimbing.

Materi yang diujikan pada lomba ini antara lain Sistem Injeksi (EFI), Overhoul Continous Variable Transmission (CVT), Body Electrical System dan Overhaul Silinder. Juri lomba diambil dari teknisi berpengalaman serta memiliki sertifikat assesor untuk penilaian dan pengujian kompetensi di bidang teknik sepeda motor.

Perlombaan berlangsung dari jam 09.00 – 21.00 WIB yang dibagi menjadi 2 sesi. Suasana lomba berlangsung cukup menegangkan karena masing-masing siswa berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya. Perlombaan berlangsung lancar sampai dengan penilaian terakhir.

Kegembiraan Tim TSM Binus

Dan akhirnya TSM Binus mendapatkan juara 2 di gelaran LKS TSM yang diadakan pertama kali di tingkat Kabupaten Tegal. Sebuah awalan yang baik untuk prestasi-prestasi hebat berikutnya. Yeaaayyyy !

Ditulis oleh: Dimas Beni Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *